Segenap Petugas dan PPL BPP SUMOBITO Mengucapkan " SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H.MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN....:: Raih Kemenangan di Hari yang Fitri ::...

Senin, 22 Juni 2009

PAGUPONISASI


Dalam rangka mengatasi serangan hama tikus di lahan sawah dengan menggunakan musuh alami yaitu tito alba, sp , maka di WKPP Sumobito digalakkan pemasangan pagupon di lahan sawah. Hal ini dilakukan sebagai respon dari program Dinas Pertanian Kabupaten Jombang. Kecamatan Sumobito mendapatkan bantuan 6 buah pagupon dari dinas yang diberikan untuk daerah endemi serangan tikus di desa Badas dan sekitarnya.

Tetapi para Penyuluh Pertanian di wilayah Sumobito menghimbau kepada seluruh kelompok tani untuk membuat dan memasang pagupon di lahan kelompok taninya. Hal ini direspon sangat baik oleh kelompok tani di Sumobito, hingga sampai pertengahan bulan Juni ini sudah ada 2 kelompok tani yang sudah membuat dan memasang pagupon secara swadana kelompok. Kedua kelompok tani tersebut adalah poktan Jeblok dan poktan Balongsono. Pemasangan pagupon ini dimaksudkan untuk memancing tito alba untuk dapat hidup dalam pagupon yang dipasang di lahan kelompok. Dengan harapan lahan kelompok akan terhindar dari serangan hama tikus yang meresahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar